Selasa, 27 September 2016

soppeng kota kalong (ghotam city yang sesungguhnya)

Menurut sumber Wikipedia gotham city adalah kota fiksi, yang merupakan rumah batman, sebuah karakter dalam DC comics. Ada yang beranggapan gotham city ada di Chicago, ada juga yang mengira di inggris, dekat Nottingham karena penduduknya sangat bodoh. Namun sesungguhnya gotham city ada di Indonesia, Sulawesi selatan, kabupaten soppeng. Kabupaten yang berjarak kurang lebih 200km dari kota Makassar, ibukota provinsi sulsel mempunyai keunikan yang tak dimiliki kota lain dimana pun yaitu adanya kalong atau kelelawar yang bergantungan di pohon asam tepat di pusat kota yang banyak menarik  minat wisatawan dari daerah lain.


Adanya kelelawar tersebut  menghadirkan cerita rakyat bahkan mitos yang banyak dipercaya masyarakat soppeng, misalnya ketika seseorang yang berkunjung ke bumi latemamala ini (julukan lain kota soppeng)jika dijatuhi kotoran hewan yang hidup terbalik ini maka akan mendapat jodoh penduduk setempat dan jika dikencingi kalong maka akan meninggal di soppeng. Cerita lain mengatakan kalau hewan tersebut memiliki seekor pemimpin yang berbeda dengan yang lainnya yang berbulu putih dan lebih besar dari yang lain dan apabila hewan tersebut pergi meninggalkan soppeng maka akan terjadi perang atau bencana dan rombongan hewan tersebut akan kembali jika soppeng sudah kondusif. Terdapat juga fenomena lain yaitu jika kelelaawar tersebut keluar mencari makan ia tidak akan memakan mangga yang ada di kota soppeng, menurut cerita rakyat ini merupakan salah satu isi perjanjian pihak kelelawar dengan datu atau raja soppeng pada awal kedatangannya bahwa kelelawar disinkan menetap bila tidak melakukan kerusakan.
Hasil gambar untuk kota soppeng
sumber gambar
Kini hewan tersebut dilindungi oleh pemerintah daerah karena banyak yang memburu untuk dijadikan obat, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dalam dan menambah vitalitas laki – laki.
Meski kalong atau kelelawar identik dengan soppeng dan menjadi ciri khas serta sudah ada sejak dulu namun hewan tersebut tidak dijadikan sebagai lambang daerah, entah apa alasannya. Pemerintah daerah lebih memilih hewan cakkelle, hewan yang lebih mirip dengan kaka tua untuk dijadikan lambang daerah kabupaten soppeng.
Hasil gambar untuk kota soppeng
sumber gambar

Inilah sekilas cerita tentang ghotam city yang sesungguhnya, sebuah kota fiksi yang nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar